Kamis, 25 April 2013

Tips Untuk Downgrade Dari Windows 8 Ke Windows 7


Windows 8, sistem operasi terbaru keluaran Microsoft Windows yang diluncurkan pada 26 Oktober 2012. Banyak perbedaan yang dibawa Windows 8 ketimbang pendahulunya yaitu Windows 7. Microsoft Windows akan  “memaksa” para penggunanya untuk beralih menggunakan sistem operasi ini. Windows 8 memang memiliki banyak keunggulan diantaranya memiliki booting yang lebih cepat, mode pesawat, menggunakan gambar sebagai password, dan masih banyak lagi (sumber: Kompas)
Terkadang masih kita masih bingung dan belum terbiasa dengan tampilan baru si windows 8 ini dan masih merasa nyaman dengan windows 7, lalu ingin melakukan downgrade pada windows 8 yang kita punya. Untuk Windows 8 sekarang memiliki proses instalasi yang berbeda karena dengan dukungan boot yang aman dari windows ( sebuah fitur UEFI "Unified Extensible Firmware Interface" yang memungkinkan sistem operasi untuk menandatangani secara digital untuk mencegah malware mengubah sistem boot).
Nagh, kalo kita masih ingin menggunakan windows 7 karena ketika beli laptop baru yang kita peroleh sistem operasinya adalah windows 8, berikut tips kalau ingin men-downgrade dari windows 8 ke windows 7 (saya melakukannya pada HP Spectre XT ):
  • Masuklah ke menu Bios dengan menekan tombol ESC ketika booting, sampai muncul tampilan startup menu kemudian tekan f10 untuk masuk ke Menu Bios-nya.
  • Di Menu Bios, langsung ke System Configuration dan pilih boot options.
  • Dalam pengaturan Boot Options, matikan (disable) secure boot dan aktifkan (enable) Legacy Support, pastikan network boot protocol pada bios untuk UEFI tidak aktif dan juga lihat Legacy Boot order, pastikan juga untuk booting yang pertama dengan menggunakan USB/CD/DVD Room Drive.
  • setelah semuanya selesai, tekan f10 untuk menyimpan pengaturan dan restart otomatis, lalunjutkan penginstalan windows 7 seperti biasa.

semoga berguna buat kawan-kawan yang ingin mencoba. salam hangat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar disini....